Menu Close

Proses Tahapan Orang Sekarat Hingga Meninggal Dunia

Kematian merupakan peristiwa yang terus-menerus terjadi di dunia setiap waktu. Tahap kematian menjadi akhir dari semua vitalitas manusia. Kematian telah menjadi objek dan obsesi bagi beberapa ahli filsafat dan okultis. Tahapan akhir menjelang kematian dapat dimasukkan ke dalam emosional. Berikut adalah proses kematian manusia yang dimulai dari sekarat hingga meninggal dunia.

tahap kematian

Emosional saat sakaratul maut

Tahap emosional saat sekarat biasanya akan dialami oleh kebanyakan orang ketika dirinya mengetahui bahwa sedang sekarat dan ingin berbagi dengan orang-orang yang begitu dekat dengannya.

  1. Pada umumnya, seseorang yang sekarat mempunyai kesulitan untuk percaya bahwa dirinya sangat dekat dengan kematian.
  2. Setelah orang tersebut mengetahui akan nasibnya, maka dia merasa tidak adil dan stres, kemudian berusaha melampiaskan kemarahan dan kebencian.
  3. Tahap ketiga adalah saat keputusasaan muncul, maka dia akan mencoba untuk memperbaiki nasib, orang yang dekat dengannya akan mencari pengobatan jika dia sakit untuk memperpanjang hidupnya.
  4. Sewaktu orang tersebut sadar bahwa dia tidak dapat mengakali kematian, maka putus asa berkembang makin besar. Bahkan orang tersebut akan mengalami insomnia dan kehilangan nafsu makan.
  5. Orang yang akan meninggal hanya mampu berpasrah dan menerima takdir hingga ajal menjemput.

Pada kebanyakan kasus, orang yang mendekati kematian selama dalam waktu sekitar dua sampai empat bulan sebelum meninggal akan lebih menarik diri dari lingkungannya. Ini adalah saat untuk melakukan introspeksi bagi kebanyakan orang dan untuk mengingat masa lalu dan mengevaluasi kembali kehidupan mereka. Meskipun terkadang orang yang menderita penyakit cenderung menjadi hiperaktif dan menuruti keinginan mereka. Mereka menempatkan sisa hari mereka dalam mode cepat sehingga dapat mengikuti kegiatan dimana mereka selalu berhasrat untuk mengejarnya karena belum pernah mendapatkan kesempatan.

Tahapan kematian berdasarkan fisik

Ini adalah waktu dimana seseorang sedang dalam kondisi sekarat. Hal ini dapat dimasukkan ke dalam tahap saat meninggal dan beberapa saat setelah meninggal.

Kondisi orang meninggal:

  • Jantung berhenti berdetak.
  • Otot-otot mengendur.
  • Kulit lebih kencang namun terlihat pucat.
  • Tubuh kehilangan panas dan mengalami penurunan setiap jam, sedangkan liver akan mempertahankan panas untuk waktu yang lama sesudah kematian.
  • Perut dan kandung kemih menjadi tak berisi.

Kondisi 1/2 jam setelah meninggal:

  • Kuku jari dan kaki, bibir, menjadi pucat karena sirkulasi darah berhenti.
  • Kulit, kaki dan tangan menjadi berwarna kebiruan karena kurangnya oksigen.
  • Darah akan terkumpul pada bagian paling rendah dan terlihat berwarna ungu.
  • Mata mulai tambah masuk ke dalam tengkorak.
  • Tubuh bertambah kaku selang sekitar 3 jam atau lebih dari waktu kematian.

Ciri orang akan meninggal

Tanda-tanda seseorang akan meninggal dapat ditelusuri mulai 3 sampai 6 bulan sebelum kematian. Tanda-tanda ini dapat dialami meski orang tersebut tidak menderita masalah kesehatan.

  • Sewaktu buang air mengalami cegukan.
  • Telinga kesulitan untuk mendengar.
  • Penurunan suhu tubuh normal.
  • Mimpi berulang.
  • Ketidakmampuan untuk mencium bau.
  • Perubahan mood.

Selama 1-2 bulan menjelang kematiannya, seseorang mungkin saja menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan atau tidur lebih sering. Segala aktivitas menjadi jauh berkurang. Seseorang dapat juga mengalami halusinasi dan menjadi paranoid.

Keluarga dan teman-teman dari orang yang meninggal akan menderita trauma kehilangan untuk waktu yang lama, bahkan dapat pula selama dalam hidup mereka. Kematian orang tua atau siapa saja yang merasa dekat dengan kita secara emosional terasa berat. Pada kasus yang parah, bimbingan konseling terkait kematian dapat membantu meringankan rasa sakit karena kehilangan orang yang disayangi.

Kematian adalah bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan. Kematian bukanlah akhir akan tetapi transisi ke alam lain, ini adalah sebuah perjalanan baru. Kematian merupakan salah satu fakta dari perjalanan jiwa menuju ke alam kesadaran.

Related Posts